085105224499 Cara Mengatasi Kecemasan Berlebihan Dengan Hipnoterapi

Teringat beberapa hari yang lalu ada seorang perempuan yang ditemani saudaranya datang ke Klinik Hipnoterapi. Sebelumnya memang beliau sudah membuat janji untuk melalukan Hipnoterapi ditempat kami. Katanya dahulu (beberapa bulan yang lalu) pernah langsung datang ke klinik hipnoterapi tanpa membuat jadwal terlebih dahulu dan bertepatan saat kami libur (karena ada anggota keluarga yang meninggal dunia). Sehingga beliau balik ke rumah dengan masih membawa problem yang ia keluhkan.



Alhamdulillah beberapa hari yang lalu berjodoh untuk bertemu dan melakukan Hipnoterapi. Sang ibu yang telah berusia 43 tahun ini, kurang lebih 1 tahun yang ditinggalkan oleh kakaknya akibat sakit. Setelah peristiwa tersebut sang ibu merasakan ketakutan, kecemasan yang berlebihan, takut untuk melakukan sesuatu, dll.


Setelah kejadian tersebut sang ibu juga sering mengeluhkan asam lambungnya sering naik sehingga membuat sakit diuluh hati, jantung sering berdebar – debar, serta sang ibu mengalami kesulitan tidur (mata mengantuk namun sulit dibuat tidur). Apabila tengah malam terbangun, muncul rasa gelisah, dll.

Dahulu waktu masih SMA ia pernah mengalami hal serupa akan tetapi tidak berlangsung lama seperti yang ia rasakan saat ini. Saat ditinggalkan orang tuanya (ibunya), ia juga merasakan ketakutan (takut mati), kegelisahan, merasa sendiri, akan tetapi tidak butuh waktu yang lama perasaan tersebut bisa hilang. Karena saat dahulu bertepatan dia sudah bekerja. Ketika ia sedang asyik-asyiknya bekerja, perasaan sedih, kehilangan (yang menyebabkan muncul rasa takut mati, dll) tersebut tak muncul dalam pikirannya, sehingga perasaan duka tersebut teralihkan dengan aktivitas yang menyenangkan.
Akan tetapi berbeda dengan kondisi saat ini. Setelah menikah, suami menyuruh sang ibu untuk tidak bekerja dan fokus mengurus urusan rumah. Sehingga aktivitasnya hanya itu-itu saja. Pagi setelah keluarga lain pergi melakukan aktivitasnya masing-masing , anaknya berangkat sekolah, tinggal dia seorang diri dirumah. Ketika muncul rasa sedih, ketakutan, kesendirian, dia tidak memiliki pengalihan, sehingga semakin membuatnya semakin terpuruk.

Cara mengatasi kecemasan berlebihan seperti kronologis yang telah disampaikan klien kami tersebut, yang bisa Anda lakukan ialah sebagai berikut :
  1. Mengalihkan perhatian dengan melakukan kegiatan yang Anda sukai.
Belajar pengalaman ketika sang ibu yang dahulu pernah merasakan kecemasan berlebihan saat ditinggalkan ibunya. Dia bekerja disebuah tempat, dengan melakukan pekerjaan tersebut, sang ibu asyik menikmatinya sehingga pikirannya lupa atas kedukaannya. Seperti karakteristik pikiran kita, bahwa ketika pikiran kita fokus terhadap sesuatu, maka hal lainnya akan terabaikan.

Apabila selama ini Anda tidak memiliki kegiatan, maka ciptakanlah kegiatan tersebut. Bisa dimulai dengan melakukan hal-hal yang Anda sukai.

  1. Fokus mencapai tujuan hidup atau impian Anda.
Tujuan hidup atau impian membantu Anda untuk semangat dalam menjalani kehidupan. Membantu Anda untuk selalu happy – optimis, sehingga apapun rintangan / tantangan / cobaan yang Anda temui akan senantiasa Anda hadapi dengan penuh syukuri. Tujuan hidup atau impian yang jelas membuat Anda untuk terus tergerak maju dan berkembang untuk mencapainya.

Itulah 2 hal sederhana yang bisa Anda lakukan untuk membantu Anda menghilangkan kecemasan dalam pikiran Anda. Membutuhkan kesungguhan untuk mencapai apa yang Anda inginkan, kelihatannya simpel tapi membutuhkan pembiasaan. Karena seseorang yang sudah terlanjur terbiasa cemas, akan membutuhkan proses untuk menjadi lebih tenang. Semangat mewujudkan impian Anda.

Semoga bermanfaat!!

#hipnoterapi #hipnoterapisurabaya #mengatasikecemasanberlebihan #caramengatasikecemasanberlebihan #mengatasistres #mengatasikecemasan #menghilangkankecemasan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar