Cara Mengatasi Rasa Takut Tanpa Sebab Yang Jelas

Banyak klien yang datang melakukan Hipnoterapi ditempat kami dengan keluhan mengalami ketakutan. Ketakutan - ketakutan yang muncul tanpa sebab yang jelas, atau sulit dimengerti mengapa perasaan takut itu muncul. Sulit untuk menghilangkan atau mengalihkan perasaan takut tersebut, sudah melakukan banyak upaya, akan tetapi rasa takut semakin tidak karuan. Membuat tidur tidak nyenyak, jantung berdebar - debar, asam lambung naik, tensi darah naik, dll. 


Beberapa saat yang lalu, ada seorang laki-laki berusia 39 tahun yang bekerja disebuah Perusahaan sebagai security. Dia mengeluhkan rasa takut tanpa sebab yang jelas. Dia mengeluhkan rasa takut sejak 6 bulan yang lalu. Rasa takut tersebut muncul setiap dia tidak memiliki aktivitas apapun. Akan tetapi apabila sedang beraktivitas, perasaan takut tersebut tidak muncul. 

Setelah melakukan obrolan yang panjang, akhirnya diketemukan akar permasalahannya. Yaitu suatu ketika saat ia habis berolahraga (kondisi capek), dapet informasi bapaknya meninggal dunia karena sakit jantung. Setelah peristiwa itulah ia merasakan rasa takut tanpa sebab yang jelas tersebut.

Baru - baru ini juga ada klien yang mengalami ketakutan tanpa sebab yang jelas. Seorang wanita usia 22 tahun, yang belum lama menyelesaikan studinya. Ketika mendengar ada saudara atau tetangga mengalami sakit (sakitnya yang parah gitu), rasa takut tersebut tiba-tiba muncul. Ketika mendapatkan panggilan kerja dan ditempatkan diluar kota, rasa takut pun muncul. Dada berdebar - debar, keluar air mata ketika mendengarkan kabar saudara atau tetangga mengalami sakit. 

Kami ngobrol panjang dengan klien kami tersebut, juga orang tua (ibu) yang kebetulan menemani ia datang ke tempat kami. Ditengah-tengah obrolan kami, ada "sesuatu" yang menjadi sebuah tanda tanya. Kami meminta untuk sang klien untuk keluar dan menunggu diluar, sementara kami ingin mengobrol berdua dengan sang ibu. Benar dugaan kami, ada suatu kondisi yang kurang mengenakan diwaktu sang ibu akan melahirkan. Dan kondisi yang dirasakan oleh sang ibu tersebut berdampak kepada anak. 

Setelah cukup ngobrol dengan sang ibu, kami pun menyuruh klien kami untuk masuk kembali dan melanjutkan obrolan yang menarik untuk menggali lebih dalam lagi kondisi yang ia alami. Setelah melalui obrolan yang cukup panjang, kami pun menemukan akar permasalahannya. Yang pertama ialah dia takut untuk jauh dari ibunya (ini merupakan salah satu software yang terinstall dari perasaan ibunya saat ia melahirkan, ketika sang ibu merasa kesepian karena ketika melahirkan ditinggal tugas oleh suaminya), kurangnya rasa percaya diri (takut melakukan sebuah kesalahan - sehingga ia cenderung memilih untuk cari aman, kurang berani mengambil keputusan).  

Kami bantu untuk kembali memunculkan rasa percaya dirinya, menemukan tujuan hidup yang jelas (membedakan antara kendaraan dengan tujuan). Ketika seseorang telah menemukan tujuan hidup yang jelas, maka akan secara otomatis dapat menikmati proses yang harus ia lalui untuk mencapai tujuan hidup tersebut. 

Sehingga dari 2 kasus klien kami tersebut, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika Anda mengalami rasa takut tanpa sebab yang jelas. Cara mengatasi rasa takut tanpa sebab yang jelas dengan cara sebagai berikut :
1. Lakukan hal-hal yang Anda sukai (menyibukan diri dengan hal-hal yang menyenangkan),
2. Menemukan tujuan hidup yang jelas,
3. Fokus terhadap tujuan hidup yang jelas,
4. Curhat dengan orang terdekat (orang yang Anda percaya),
5. Konsultasi dengan profesional (psikolog, hipnoterapis, dll)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar