Penggunaan Bahasa Untuk Sugesti

Sugesti berkaitan erat dengan cara dan teknik menggunakan elemen-elemen bahasa, khususnya kata, kalimat, dan pengucapan. Salah satu kemampuan yang dituntut dari seorang hipnoterapis adalah suara hipnotik yang baik (good hipnotic voice). Suara ini bisa dimiliki secara alamiah dan bisa juga diperoleh lewat latihan vokal dan artikulasi yang telaten. Secara fisiologis, produksi suara bermula dari diafragma yang terletak dari rongga dada dan perut. Udara semakin kemudian keluar lewat trachea (pipa angin), lalu ke larynx (kotak suara). Dengan aktifnya otot pada kotak suara, udara yang keluar mendapat tekanan sehingga menimbulkan bunyi atau suara. Pernapasan yang baik dapat membantu menghasilkan suara yang teratur dan ritmis karena kotak suara menjadi santai dan tidak mengalai gangguan...

 
Sangat penting bagi terapis untuk memerhatikan amplitudo suaranya. Alunan suara dengan kecepatan suara yang baik dan artikulasi yang jelas akan membantu klien dalam membuat pasif kesadarannya. Bila suara tidak jelas, klien bisa mengalami kesalahan sensasi dan persepsi atas ucapan terapis. Terapis juga dianjurkan untuk berlatih mengolah artikulasinya dengan merekam suaranya sendiri pakai tape recorder dan mendengarkan hasilnya sambil menganalis sendiri kekurangannya atau meminta orang lain mendengarkan dan mengevaluasi. Dengan cara ini, volume dan kecepatan suara dapat diatur.

Dalam memberikan sugesti, terapis perlu yakin bahwa klien dalam keadaan terbuka mendengarkan ucapannya tanpa sikap defensif atau resisten. Baru sesudah itu, sugesti dapat menjadi lebih efektif. Bahasa yang digunakan bukanlah bahasa yang dipahami oleh terapis, tapi bahasa yang dipahami oleh klien. Sekarang, perhatikan sugesti dalam keadaan trans berikut ini :

Anda sekarang berjalan-jalan dipantai dan Anda merasa tenang dan santai. Rasakan kesegaran mengaliri tubuh Anda. Nikmati perasaan damai dalam hati Anda, dan rasakan ketenangan dalam pikiran Anda..... Sebentar lagi, saya akan membangunkan Anda. Saya akan menghitung satu sampai tiga dan pada hitungan tiga nantinya, Anda akan bangun dan tetap merasakan kesegaran yang sekarang Anda alami.

Dengan memerhatikan beberapa sugesti di atas, saya ingin membicarakan beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam memberikan sugesti, yaitu kualitas ucapan, penggunaan kata dan frasa, dan kualitas suara. Akan kita bahas di artikel selalnjutnya. Klik Disini

Sumber : Buku Hipnoterapi - YF La Kahija

Tidak ada komentar:

Posting Komentar