Sugesti Gambaran Mental Dalam Hipnoterapi

Sugesti ini bertujuan membuat gambaran mental klien menjadi lebih hidup. Ini bisa dicapai bila klien sudah berada dalam keadaan santai. Gambaran mental sangat baik untuk membawa klien ke tempat yang aman dan nyaman. Tempat seperti ini sangat dibutuhkan klien ketika terapis ingin membawanya menemui isi-isi ketidaksadaran. Dalam teori psikoanalitis, sudah kita lihat bahwa isi ketidaksadaran bukan hanya berupa ingatan, tapi juga pengalaman traumatis yang direpresi klien dan selalu ditolak untuk diangkat ke kesadaran...


Banyak tempat menyenangkan yang bisa ditawarkan untuk menciptakan gambaran mental ini. Kita bisa saja mengetahui tempat itu dengan menanyakan tempat yang paling disukai dan paling nyaman. Dalam pengalaman saya, ada kemungkinan mereka senang di bukit, hutan, atau pantai. Semua tempat itu tergantung pada lingkungan dimana klien berkembang dan apa yang secara pribadi disukainya. Bila tempat itu sudah ditemukan, terapis perlu mengangkat segala sesuatu yang menarik di tempat itu untuk membuatnya lebih santai.

Iklim yang nyaman dan rasa santai itu menjadi penting karena pikiran yang negatif dan pengalaman traumatis akan dihadapi dengan kondisi mental yang lebih siap. Dengan demikian, terapis bisa bekerja lebih tenang mengangkat segala pengalaman dan pikiran negatif ke kesadaran klien. Contoh berikut akan menjelaskannya:

Anda sekarang ada di taman yang paling Anda suka. Anda duduk santai di.... (sebutkan tempat). Anda merasa sangat nyaman disitu dan Anda bisa menikmati sentuhan angin dan sedikit sinar matahari yang menembus daun-daun pohon. Anda juga merasakan udara yang sangat sejuk dan suasana yang sangat tenang bagi hati dan pikiran Anda. Sekarang, beban yang Anda rasakan perlahan-lahan hilang bersama dengan angin yang membelai wajah Anda. Semakin lama, semakin ringan dan ringan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar