Tentang Sugesti | Kata dan Frasa

Dalam menggunakan kata dan frasa (kelompok kata) dalam sugesti, ada empat hal pokok yang perlu diperhatikan, yaitu sinonim, parafrasa, kata penghubung, dan penentuan waktu. Berikut ini akan dijelaskan secara singkat tentang maksud dan contoh dari keempat elemen tadi :

Terapis menggunakan kata-kata yang artinya hampir sama untuk memberi penguatan (reinforcement) pada klien. Contoh :

Anda merasa tenang, damai, santai, dan nyaman dalam pikiran dan hati Anda...


Terapis mengulangi beberapa kata atau frasa dalam cara yang berbeda. Pengulangan itu membawa nuansa emosional yang sama pada klien. Contoh :

Rasakan gelombang santai mengaliri tubuh Anda dari kepala sampai ujung jari-jari kaki, nikmati perasaan enteng dalam tubuh Anda, dan biarkan otot-otot Anda menjadi semakin santai.

Terapis menggunakan kata penghubung untuk menghubungkan kata yang satu dengan kata yang lain atau ucapan yang satu dengan ucapan yang lain. Kata penghubung yang sering digunakan adalah kata "dan." Tujuannya adalah untuk membuat sugesti menjadi lancar atau tidak terputus-putus. Contoh :

Biarkan otot-otot Anda menjadi lemas dan rasakan perasaan ringan dan semakin ringan, turun dari kepala dan terus mengalir ke dada Anda.

Terapis memberi kata-kata yang menunjukkan bahwa waktu akan dimulai atau diakhiri. Contoh :

Nikmati rasa damai yang sekarang Anda rasakan dan saya sebentar lagi akan menghitung dari satu sampai lima dan pada hitungan kelima Anda akan kembali sadar dan tetap merasakan kesegaran ini. Satu...dua...tiga...empat..dan lima. Nikmati rasa segar ini dan buka mata Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar